Iklan Atas

Blogger Jateng

Contoh Drama Komedi Satir

Drama Komedi Satir dan Contohnya - Apakah yang disebut drama komedi satir? Dibawah ini merupakan contoh drama yang bertema komedi satir yang bisa dibawakan oleh 4 pemain drama inti. Drama yang bertema komedi satir biasanya berisi pernyataan sindiran terhadap suatu keadaan atau fenomena sosial di masyarakat. 

Tujuan drama satir tidak hanya semata-mata sebagai humor biasa, tetapi lebih sebagai sebuah kritik terhadap seseorang, atau kelompok masyarakat dengan cara yang sangat cerdik. Penokohan dalam drama satir sendiri biasanya 
dikemas dengan kebodohan, perlakuan kejam, kelemahan seseorang untuk mengecam, mengejek bahkan menertawakan suatu keadaan dengan maksud membawa sebuah perbaikan.

Lakon satir hampir sama dengan komedi tetapi ejekan dan sindiran dalam satir lebih agresif dan terselubung. Sasaran dari lakon satir adalah orang, ide, sebuah institusi atau lembaga maupun masalah sosial yang menyimpang.

Berikut salah satu contoh drama komedi satir yang bisa sobat simak dengan judul WEKWEK yang bisa dibawakan oleh 4 orang pemain atau lebih.


ADEGAN I
SEKELOMPOK BEBEK MEMASUKI PANGGUNG

Petruk              Sejauh mata memandang, sawah luas terbentang, tapi tidak sebidang tanah pun milikku. Padi aku yang tanam, juga aku yang ketam. Tapi tidak segenggam milikku. Bebek tiga puluh ekor, semuanya tukang bertelor. Tapi tidak juga sebutir adalah milikku. Badan hanya sebatang, hampir-hampir telanjang. Hanya itu saja milikku.

ADEGAN II
BAGONG DAN PENGAWALNYA MEMASUKI PANGGUNG

Bagong             Aku orang berada, apa-apa ada. Juga buah dada, itulah beta. Sawah berhektar-hektar, pohon berakar-akar, rumah berkamar-kamar, itulah nyatanya. Kambing berekor-ekor, bebek bertelor-telor, celana berkolor-kolor, film berteknik kolor. Perut buncit ada, mata melotot ada, pelayan ada, pokoknya serba ada.

ADEGAN III
GARENG DAN EMPAT KAWANNYA MEMASUKI PANGGUNG

Gareng            Badannya langsing, matanya juling, otaknya bening. That’s me!
                       Tipu menipu, adu mengadu, ijazah palsu, that’s me!
                       Gugat menggugat, sikat menyikat, lidah bersilat, that’s me!
                       Profesiku pokrol bambu, siapa yang tidak tahu, that’s me!

ADEGAN IV

Semar              Saya jadi lurah sejaak awal sejarah, sudaah lama kepingin berhenti tapi tak adaa yang mau mengganti. Sudah bosan, jemu, capek, lelah. Otot kendor, mata kabur, mau mundur dengan teratur, mau ngaso di atas kasur.
                        Saya kembung bukan karena busung, mata berair bukan karena banjir, tapi karena menjadi tong sampah. Serobotan tanah, pak lurah. Curi air sawah, pak lurah. Beras susah, pak lurah.
                        Semua masalah, pak lurah, tapi kalau rejeki melimpah, pak lurah…tak usah…payah.

ADEGAN V
BAGONG DAN PENGAWALNYA MEMASUKI PANGGUNG

Bagong            Jaman ini jaman edan, tidak ikut edan tidak kebagian.
                       Di terminal calo berkuasa, dia tentukan penumpang naik apa.
                       Di dunia film broker merajalela, dia tentukan sutradara bikin apa.
                       Di sini, itu si Petruk sialan, datang merangkak meminta pekerjaan.
                       Aku suruh ngangon bebek tiga puluh ekor, tiap minggu harus antar lima puluh ekor.
                       Malah dia tentukan berapa harus setor. Sungguh-sungguh kurang telor.
                       Sekali aku datang mengontrol, bebeknya hilang dua ekor.
                       Waktu ditanya, dia menjawab “dimakan burung kondor”
                       Di sini tak ada burung kondor. Dia yang kondor.
                       Dia datang melolong minta tolong, sudah ditolong, ee…dia nyolong.
                       Orang seperti ini harus dipukuli, sayangnya aku tak berani.
                       Lagipula aku tidak mau mengotori tanganku, dengan menyentuh tubuhnya yang kotor dan bau. Aku tidak mau main hakim sendiri, apa gunanya pak lurah digaji.

ADEGAN VI
SEKELOMPOK BEBEK MEMASUKI PANGGUNG

Petruk            Orang sudah melarat ditimpa cialat, telor sudah dimakan masih juga digugat.
                      Padahal yang bertelor tidak peduli, apa mau dimakan atau dicuri.
                      Pokoknya aku tiap minggu sudah setor, sekitar lima puluh telor.
                      Waktu menyebrang jalan, datang motor, bebek kabur, satu ketubruk dan mati konyol.
                      Sekarang aku harus menghadap pak lurah mempertanggung jawabkan apa yang sudah aku lakukan. Menurut versi Bagong dongkolan, siapa menolongku, siapa membantuku?

Gareng           Apa masalahmu, menangis tersedu-sedu
                      Apa persoalan,merengek tersedan-sedan
                      Jangan takut, aku bukan polisi
                      Bukan maut, juga bukan polusi.

Petruk            Begitu mulutnya dibuka, mendadak hilanglah duka
                      Permisi, mohon bertanya, kok mau menyapa saya?

Gareng           aku sedih melihat orang susah. Aku murka melihat orang marah.
                      Aku membantu orang kejepit, kena urusan berbelit-belit.

Petruk            Ikan dicita, ulampun tiba. Janda dicinta sebab kaya raya.
                      Bapak mau menolong saya yang lagi bingung kena perkara?

Gareng           Aku diturunkan ke bumi ini dengan suatu misi.
                      Membantu orang yang kena perkara, baik yang perdata maupun pidana
                      Pilih mana, bagi saya sama saja.

Petruk            Anu pak, ini urusan telor dan bebek.

Gareng            Ah, telor dan bebek. Bukan telor dan ayam?
                       Di sini telor, di sana telor, sama-sama telor
                       Di sini bebek, di sana ayam, bagiku sama saja.                  

Petruk             Ya, tapi saya melarat pak.

Gareng            Ya, saya juga melarat, karenanya harus bekerjasama yang erat.
                       Segala sesuatu dikerjakan dengan mufakat.
                       Misalnya saja tentang honorku, biar bagaimanapun aku ini pokrol bambu
                       Kamu harus hargai profesiku.

Petruk             Bapak harus sadari profesi saya, yang tidak menghasilkan apa-apa.
                       Harta karun tidak ada, yang ada cemeti dan celana.
                       Ambil saja cemeti, biar nanti saya cari lagi.
                       Jangan ambil celana, nanti saya celaka
                       Menambah lagi perkara, perkara pusaka dewata.

Gareng            Ini bukan perkara cemeti atau celana
                       Tapi urusan telor dan bebek. Jelas urusan telor dan bebek
                       Telor dan bebek, tor-tor, wek-wek.
Petruk             Tor-tor, wek-wek? Maksudnya ha?

Gareng             Ssst! Jangan keras-keras.

MEREKA SALING BERBISIK, KEMUDIAN TERTAWA TERBAHAK-BAHAK, RAHASIA, MENGANDUNG ARTI NAKAL

ADEGAN VII 
SEMAR DAN BAGONG MENUJU PETRUK DAN GARENG

Semar              Sudah di pikir masak-masak?

Bagong             Sudah. Malah hampir busuk.

Semar              Kalau di pikir-pikir berapalah rugimu?

Bagong             Ini bagi saya memang bukanlah persoalan untung rugi. Ini soal kepercayaan saya yang di lukai. Muka saya di ludahi. Sudah di tolong masih mencuri. Saya kurang baik apa? Masih saja orang bilang saya pelit, medit, bakhil.

Semar               Penghisap, pemeras, penggencet, penyedot, pengepres.

Bagong             Ya, semua yang tidak beres.

Semar               Kalau dia mengakui, apa tindakan mu?

Bagong              Dia harus bayar kerugianku.

Semar               Kalau dia tidak dapat?

Bagong             Apa boleh buat, pecat.

Semar               Lantas apa nasibnya?

Bagong             Ini urusannya, urusan pak lurah.

Semar               Kalau ia tidak mengaku bersalah?

Bagong              Pak lurah atur supaya ia menyerah. Nanti saya atur agar padi pak lurah bertambah.

Semar               Saya sudah menjadi lurah sejak awal sejarah. Jangan omongamu membuat saya marah.

Bagong             Maaf pak lurah. Maksud saya sama sekali tidak mempengaruhi hanya si Entong anak bapak kemarin kepingin motor.

Semar               Kalau dia kepingian, tentu dia ngomong sama saya.

Bagong              Dia kemarin pesan motor apa saja.

Semar                Mau tutup mulut tidak? Mau aku depak?

Bagong              Maksud saya….

 DATANG PETRUK DAN GARENG

Gareng              Eh, pak lurah. Selamat pagi, selamat ketemu lagi. Apa kabar pak cukong? Masih suka  membagong.

Bagong              Pokrol busuk, awas. Jangan sembarangan ngomong.

Semar                Perkara apa yang kita hadapi, hina menghina atau curi mencuri?

Bagong              Maaf pak lurah. Dia yang mulai.

Semar               Gareng, apakau jadi pembela?

Gareng              Betul. Pembela dan kuasa penuh.

Bagong             Maksudnya, kalau kalah perkara saudara masuk penjara?

Gareng              Saya kira, yang akan kalah itu saudara.

Semar               Baik, kita mulai. Orang mau bicara hanya dengan seijin saya.

Bagong              Setuju.

Gareng              Kalau maunya pak lurah begitu.

Petruk               Bb-bb

Semar                Bagaimana kau petruk?

Bagong               Penggugat, terdakwa, tertuduh, tersangka.

Semar                Kalau mau bicara harus seijin saya.

Bagong               Maaf, pak lurah. Bagaimana petruk?

  PETRUK DIAM SAJA.

Semar                Jawab petruk.

Gareng               Maaf pak lurah.

Semar                Pembela?

Gareng              Boleh saya bicara?

Semar                Silahkan.

Gareng             Sebelum saya minta maaf bagi klien dan pasien saya. Klien, karena ia minta saya sebagai pembelanya dan kuasa usahanya. Pasien, karena ia minta saya menjadi dokternya. Keterangan dan penjelasannya; sewaktu ia datang kepada saya yaitu pada hari kamis legi yang lalu, tanggal 32 september 1999, getaran pada jam 10. 30 menit, 6 detik, 7 detik, 8 detik, 9 detik ricther. Udara 240 C, curah hujan 25 cm, naga di selatan, singa di utara, bintang venus berada di….

Bagong             Pak lurah saya protes.

Semar               Kenapa?

Bagong              Urusan apa itu si Venus? Sebentar lagi si Wati, si Inah, si anu…

Semar              Protes di terima, pembela….fakta yang langsung berhubungan dengan fenomena dan sebaiknya yang berkaitan dengan perkara.

Gareng             Walau hak saya di kurangi…. tak apalah. Saudara petruk ini datang pada saya, di kantor saya di kaki enam depan pasar, sebelah kiri toko sepeda, seblah kanan warung tegal, bersebrangan dengan pompa minyak goreng. Menceritakan kepada saya musibah yang menimpa dirinya yang di sebabkan oleh telor bebek dan bapak bagong. Dengan suara dingin bergetar kedinginan. Pak lurah ia datang berlari langsung sawah yang kehujanan lebat dingin sekali. Mengamankan bebek-bebek dan telor-telor yang menjadi tanggungannya, mendadak banjir dari kali, kilat menyambar dari langit. Dua bebek di bawa banjir….

Bagong             Astaga, telornya?

Gareng             Sepuluh butir disambar petir, hancur berantakan.

Bagong             Telor-telorku….

Semar               Benar ini semua terjadi?

Petruk              Ia…wek…wek…wek

Semar               Jawab yang benar.

Petruk               Wek…wek…wek…wek.

Semar                Jangan main-main.

Gareng             Wek…wek. Maaf pak lurah. Selesai dia menceritakan pengalamannya yang mengerikan itu, ia jatuh pingsan. Badannya mengigil, keringatnya mengalir, mukanya pucat, ia mengeluh. Wek…wek…waktu sadar, terlanjur suara yang bisa ia keluarkan hanya wek, selain wek tak ada wok…wok. Seperti pak lurah dengar tadi. Ia sedih sekali, saya ikut sedih dan berjanji padanya akan menyembuhkannya. Jadi kalau ia menjawab dengan wek…wek, maafkanlah ia.

Semar              Bagaimana Petruk?

Petruk             Wekwek….

Bagong             Pak lurah, ini saya kira satu permainan yang licik, akal-akalan si pokrol bambu, pokrol tipu, pokrol….

Gareng             Pak lurah, ini saya adukan cukong Bagong, karena telah menghina saya di depan umum. Pak lurah mendengar sendiri dari moncong Bagong….

Bagong             Pak lurah, saya adukan pokrol itu menghina saya menyebut mulut saya dengan moncong….

Semar               Saya catat, saya sudah catat. Gareng menghina Bagong, Bagong menghina Gareng. Skor, satu lawan satu. Draw, remis. Sama kuat, selesai. Saya peringatkan, jangan ada yang nyeleweng lagi. Kita lagi membicarakan perkara Petruk dengan bebek dan telornya Bagong.

Gareng             Saya tidak punya urusan dengan telornya bagong.

Bagong             Telor saya jangan dibawa-bawa.

Gareng             Memangnya kau taruh di rumah?

Semar              Lama-lama hilang kesabaran saya. Tekanan darah saya naik. Kita lagi membicarakan soal wek-wek.

Bagong             Pak lurah, ini bukan perkara wekwek.

Gareng             Tak ada kaitannya dengan wek-wek? Lantas mengapa Petruk sekarang hanya bisa bilang wek-wek? Ya kenapa? Karena ia ingat ada bebek yang dibawa air bah, karena ia cinta sama bebek asuhannya, karena ia merasa sepenuhnya bertanggung jawab atas keselamatan bebek yang berbunyi wek-wek itu.
Karena ia saban hari saban malam mendengar hanya suara wek-wek, hingga suara wek-wek menjadi obsesi, otaknya penuh suara Wek-wek, syarafnya diganggu oleh wek-wek, pita suaranya tersetem pada nada wek-wek. Dia hanya akan bisa ber wek-wek sampai akhir hayatnya. Bahkan kuburnya nanti akan berbunyi wek-wek. Daan doa untuk arwahnya harus berbunyi wek-wek. Dan kita sekarang harus membicarakan ini dengan bahasa wek-wek.

Bagong             Saya protes, tidak bisa. Saya belum belajar bahasa wek-wek. Kenapa harus berwek-wek, wok-wok. Wek-wek apa wok-wok.

Semar              Itu terlalu ekstrem, kalau kita harus menyelesaikan perkara ini dengan bahasa wek-wek, maka terpaksa perkara ini harus ditunda untuk waktu yang tidak ditentukan. Sampai kita semua telah mahir ber wek-wek.

Petruk              Wek…wek..wek.

Semar               Apa maunya?

Gareng              Kasihanilah saya. Saya tidak bersalah.

Bagong              Bohong. Dia telah mencuri tiga belas telur dan tiga ekor bebek.

Petruk               Wek..wekwek….

Gareng              Tidak salah

Bagong              Salah

Petruk               Wek-wek

Gareng              Tidak

Bagong              Salah

Semar               Wekwek…

Gareng             Ya wekwek…

Bagong             Apa wek-wek?

Petruk              Wek…wek…wek…

Semar               Wek…wek.

Bagong              Wek…wek.

Gareng              Wek…wek.

Semar              Diam, wekwek. Sudah jadi bebek semuanya.

Petruk             Wek…wek.

Gareng             Kalau dulu ia tidak dipaksa harus hidup berhari-hari dengan bebek. Dia jadi begitu
karena Bagong.

Bagong             Dia datang kepada saya minta pekerjaan. Yang lowong hanya ngangon bebek. Dia terima pekerjaan itu, saya tidak paksa.

Semar              Apa keadaan yang harus dipersalahkan?Bagong, berapa ekor yang dia harus jaga? Dan berapa telor harus dia setor?

Bagong           Bebek tiga puluh ekor.

Gareng            Kelaminnya       

Bagong            Kelamin? Jangan hina saya ya, jelas saya laki-laki.

Gareng            Saya tidak tanya kelaminmu. Kelamin bebek?

Bagong            Tiga puluh ekor betina semua.

Semar              Berapa telor yang harus dia setor?

Bagong             Lima puluh butir seminggu, bebek menelor tiga hari sekali, seminggu dia menelor dua kali. Tiga puluh bebek bertelor selama seminggu enam puluh, saya minta setorin lima puluh, yang sepuluh buat upah si Petruk. Kan cukup. Sepuluh kali seribu kan sepuluh ribu seminggu?.

Semar             Sepuluh ribu seminggu, bisa hidupkah dengan uang itu? Beras, bisakah dia penuhi setoran itu?

Bagong            Tidak pernah. Mula-mula Cuma empat puluh, makin lama makin berkurang.

Petruk             Wekwek…

Semar              Apa maksudnya?

Gareng            Tiga puluh ekor bebek, betina semua. Tidak ada jantannya. Bagaimana bisa bertelor pak lurah? Ini jelas contoh pemaksaan kemauan dan penghisapan di luar batas kemanusiaan dan kebinatangan,

Bagong            Nyatanya, mula-mula bebek itu bertelor.

Gareng             Itu karena kau beli dan serahkan. Lebih-lebih dia baru bergaul dengan bebek jantan. Kemudian….

Bagong            Nyatanya dia masih bertelor.

Gareng            itu jasanya si Petruk.

Semar              Hei, kau boleh menipu kami, tapi tipuan ini tidak berlaku. Masa Petruk berhubungan dengan bebek?

Bagong             Biarkan saja, asal bebek yang bertelor.

Gareng             Kenapa kau tidak gauli saja sendiri bebek-bebek itu? Pak lurah, maksud saya tidak seperti yang pak lurah bayangkan. Karena Petruk diam-diam pinjam bebek jantan dari tukang angon lainnya. Dan membiarkan si jantan itu menggauli bebek betina maka masih ada telor yang bisa dipungut. Biar nafsu kebinatangan pejantan itu luar biasa, tetapi ia tidak menggauli seluruh bebek betina itu.

Semar              Kalau begitu si Petruk berjasa besar. Berjasa terhadap bebek betina itu dan berjasa terhadapmu Bagong.

Petruk            Wekwekwek…

Semar             Apa katanya?

Gareng           Dasar orang tidak tahu terima kasih. Tidak tahu menghargai jasa orang.

Semar             bagaimana bagong?

Bagong            Ya… bebek yang dua dimana?

Gareng            Ya dibawa banjir.

Bagong            Bukan itu, sebelumnya? Pasti dijual.

Gareng            Menurut Petruk, yang satu disambar alap-alap. Yang lain dimakan anjing.

Bagong            Bohong. Percuma punya bebek. Hilang melulu, beri telor tidak. Percuma punya tukang angon.

Petruk            Wekwek…

Bagong           Apa lagi?

Gareng           Tiap kali pinjam penjantan, dia harus bayar dua telor.

Bagong            Pemeras

Gareng             Siapa?

Bagong             Itu yang pinjamkan pejantan.

Gareng             kau bisa bilang irang itu pemeras!? Lantas kau maunya pinjam gratis gitu?

Semar               Nah, perkaranya sudah jelas, Bagong nampaknya kau yang kalah. Betul Petruk kurang dapat menepati janjinya tetapi itu karena keadaan yang kau ciptakan sendiri. Kau tidak bisa memecat ia, dan kalau kau mau bebekmu bertelor, belilah barang tiga pejantan. Dan kau mesti bayar dukun yang mengobati si Petruk.

Bagong             Saya tidak mau mengatakan pak lurah berat sebelah. Tapi…ongkos dukunnya berapa?

Gareng             Lima puluh  ribu rupiah

                                BAGONG BAYAR SELEMBAR LIMA PULUH RIBUAN

Bagong             Rugi-rugi…(pergi)

Semar              Gareng, cari dukun yang baik, biar Petruk lekas sembuh.

Gareng             Tentu saya akan usahakan.

Petruk              Wekwek…

Semar               Ya, wekwek…

ADEGAN VIII
GARENG DAN PETRUK

Gareng                 (tertawa)hahahaha…..

Petruk                  (tertawa) wekwekwekwek….

Gareng                 Bagi uangnya. Nah kau selembar, aku selembar

Petruk                  Wekwek…

Gareng                 Nah, sekarang mana dua bebek yang dibawa banjir?

Petruk                  Wekwekwekwek….

Gareng                 Ayo, jangan main-main lagi. Sandiwaranya sudah selesai

Petruk                  (menunjukan tenggorokannya) wekwek….

Gareng                 Janjimu bagaimana? Mana imbalanku?

Petruk                  (menunjuk uang di tangan Gareng) wekwek… (pergi)

Gareng                 Wah si Petruk bodoh tapi lihay, lihay tapi bodoh. Aku pokrol bambu kena tipu.

ADEGAN IX
SEMAR DAN PETRUK

Semar                   (tertawa) Saya jadi lurah sejak awal sejarah…

Petruk                  Hehehehe….pak lurah, amaf sudah berbohong.

Semar                   Bebek yang dibawa banjir dan telor yang sambar petir.

Petruk                  (tertawa) benar pak lurah. Saya lupa…wekwek….

Semar                   (mengggelengkan kepala) saya jadi lurah….
  


TAMAT

Posting Komentar untuk "Contoh Drama Komedi Satir "